Grojogan Sewu Tawangmangu
Grojogan Sewu Tawangmangu

Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu

Posted on

Potensi wisata yang berada di Karanganyar banyak sebab terdapat beberapa situs peninggalan Kerajaan Mataram seperti Candi Cetho serta Candi Sukuh serta petilan yang berada di Gunung Lawu, tidak cuma wisata cerita saja yang berada di Karanganyar tetapi wisata alam pun tidak kalah tenar semisat ”Grojogan Sewu” sudah pernah dengar wisata ini? buat kamu yang ingin liburan ke Grojogan sewu benar-benar gampang aksesnya sebab object wisata ini di jalan penting penghubung jalan tembus Karanganyar – Magetan tempatnya persisnya ada di Jl,Matesih -Tawangmangu, Karanganyar. Untuk Harga Ticket Masuk Grojokan Sewu Tawangmagu terhitung cukup murah kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 17 k saja. Buat rekan rekan yang ingin berwisata di Jogja, dapat pesan di penyedi Paket Tour Jogja ya guys.

Narasi muasal dari pemberian nama Grojogan Sewu diambil dari ketinggian air terjun itu dimana sampai 1000 pecak (telapa kaki) oleh karena itu air terjun ini diberi nama Grojogan Sewu tapi ketinggian air terjun ini bila di ukur dengan alat ukur sekitar 80 mtr. dari basic sungai, ada yang menerangkan lain jika nama Grojogan Sewu sendiri diambil dari jumlahnya anak tangga yang akan ke arah wisata air terjun ini baik akan ke tempat baik yang ingin pulang dari object wisata air terjun Grojogan Sewu. Jumlahnya anak tangga sebelum masuk object wisata -+ 625 bila ditotal sama anak tangga pulang dapat lebih.

Akses Ke arah Grojogan Sewu

Grojogan Sewu
Grojogan Sewu

Grojogan Sewu bermakna air terjun seribu, satu obyek wisata di lereng Gunung Lawu, yang berada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Waktu mengulas wilayah Tawangmangu, umumnya Grojogan Sewu langsung terbersit di alasan sebab keindahan alam object wisata ini sudah dijumpai semenjak jaman penjajahan Belanda.

Meskipun Grojogan Sewu bermakna air terjun seribu, tapi air terjun dalam tempat ini tidak beberapa seribu. Cuma terdapat beberapa titik air terjun serta yang tertinggi tercurah dari ketinggian seputar 80 mtr.

Baca juga : Wisata The Lost World Castle Jogja

Pengunjung harus berjalan melalui 1.250 anak tangga agar sampai air terjun ini. Sejuknya udara serta indahnya pemandangan seputar langsung meniadakan rasa capek.

Dengan memakai kendaraan bermotor, obyek wisata yang memiliki jarak 42,5 km. dari kota Solo ini dapat diraih seputar 60–75 menit. Sesaat Grojogan Sewu memiliki jarak 27 km. di samping timur kota Karanganyar. Untuk ke arah air terjun, pengunjung harus berjalan kaki atau naik kuda melalui rimba wisata mempunyai perhutani. Tempat ini bisa dibuka publik dengan ticket masuk Rp 6.000.

Cara sampai Air Terjun Grojogan Sewu

Tempat Air Terjun Grojogan Sewu dari Jogja termasuk cukup jauh yaitu seputar 100 km, tempuh perjalanan seputar 2,5 jam. Untuk ke arah ke sana, anda dapat ambil rute mengarah Kota Solo selanjutnya meneruskan ke arah obyek wisata Tawangmangu.

Sebab tempatnya yang ada dalam tempat Gunung Lawu, karena itu jalan yang dilewati naik serta berkelak-kelok, sampai optimistis jika kendaraan anda pada keadaan sempurna. Sesampainya di Pasar Tawangmangu yang disebut pusat pekerjaan di Tawangmangu, cukup lurus naik patuhi jalan seputar 5 menit. Selanjutnya belok kiri, serta tibalah anda di obyek wisata Air Terjun Grojogan Sewu.

Buat pengunjung yang memakai transportasi umum, dapat ambil bis jurusan Tawangmangu dari Terminal Tirtonadi Solo. Dianjurkan berkunjung ke tempat ini waktu pagi hari, sebab jam 16.00 obyek wisata Grojogan Sewu telah tutup.